KODE Dfp 1 Dikecam Internasional, Ini Pelaku Pelempar Rokok ke Orang Utan Bandung Zoo | Viral Zaman Now

Dikecam Internasional, Ini Pelaku Pelempar Rokok ke Orang Utan Bandung Zoo

KODE 200x200
KODE 336x320 atau in artikel

Suara.com - Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) menjadi sorotan dunia internasional, setelah video seorang pengunjung melempar rokok kepada Orang Utan bernama Ozon viral di media sosial,
Video itu disebar oleh akun Facebook milik Marison Guciano pada Selasa (6/3/2018).
Humas Bandung Zoo Sulhan Syafi'i mengakui berterima kasih atas video tersebut. Menurutnya, hal itu akan menjadi bahan evaluasi bagi pihak Kebun Binatang Bandung untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap seluruh koleksi satwanya.
"Kami berterima kasih kepada pihak Bapak Morrison, bahwa dia ikut mengawasi kebun binatang Bandung. Jadi dengan keberadaan mereka ini, kebun binatang bisa berbuat lebih banyak jadi bukan petugas saja yang mengawasi tapi mereka juga ikut membantu kemajuan kebun binatang," ujar Sulhan saat dihubungi melalui telepon seluler oleh Antara, Kamis (8/3).
Dalam video berdurasi satu menit itu, memperlihatkan Orang Utan Ozon tengah memungut serta mengisap rokok yang dibuang oleh salah satu pengunjung secara sengaja ke kandangnya.
Dituntut Minta Maaf
Selang dua hari, pengunjung yang memberi rokok kepada Ozon tak kunjung menampakkan diri ke publik dan meminta maaf.
Karenanya, kata Sulhan, Bandung Zoo menyebarkan foto pelaku melalui media sosial maupun ditempel di pintu masuk lokasi.
"Kami tempel di pintu masuk dan di medsos kami akan disebarkan, minta bantuan juga ke teman media agar yang bersangkutan bisa minta maaf," kata Humas Bandung Zoo Sulhan Safi'i.
Sulhan mengatakan, pengunjung yang memberikan rokok ke orang utan terekam jelas dalam video yang berdurasi satu menit.
Selain itu, CCTV di sekitar lokasi akan membantu pengelola dalam mengumpulkan gambaran jelas mengenai identitas pelaku.
"Kami sedang mengecek CCTV kami. Kami bongkar hardisknya, sedang dilihat dan kami akan ambil foto dengan tingkat resolusi yang lebih jelas," kata dia.
Pihak pengelola telah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian untuk mencari pelaku. Dari hasil koordinasi, kata dia, identitas pelaku yang terekam jelas tidak akan menyulitkan polisi dalam mengungkap kasus tersebut.
"Menurut polisi sih gampang. Nanti kami bawa hasil CCTV, nanti terserah polisi," kata dia.
Meski kasus tersebut akan dilimpahkan ke kepolisian, pengelola masih menunggu itikad baik dari pelaku untuk datang dan segera meminta maaf atas perbuatan tidak terpuji tersebut.
"Kami harap dia segera laporan ke polisi atau ke kami, tapi minta maafnya ke masyarakat secara terbuka karena ini kan satwa milik negara perwakilan di alam yang sudah terancam punah," kata dia.
Ini video pelaku yang melempar rokok ke Ozon di Bandung Zoo:
Kode 300 x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2
Kode DFP2